Putra Karimunjawa Tour - Paket Wisata Karimun Jawa Murah

Putra Karimunjawa Tour - Paket Wisata Karimun Jawa Murah

ASAL USUL AMIR HASAN (SUNAN NYAMPLUNGAN)

Makam Sunan Nyamplungan
Berbicara tentang Karimunjawa, maka tidak akan terlepas dengan kisah perjalanan hidup Amir Hasan, Sunan Nyamplungan, yakni seorang cikal bakal atau pendiri perkampungan pertama kali di daerah ini. Makam beliau berada di lereng Gunung Karimunjawa, Dukuh Nyamplungan. Lalu siapa, dari manakah  Amir Hasan itu? Ada beberapa versi:

a. Versi pertama menyatakan bahwa Sunan Amir Hasan merupakan putra dari Pangeran Syarif dari Jung Poro (Jepara sekarang). Berikut ini adalah silsilahnya


Dari silsilah tersebut diketahui bahwa Sunan Amir Hasan adalah putra Pangeran Syarif, yang merupakan Putra Sunan Muria. Dengan demikian Amir Hasan adalah cucu dari Sunan Muria.

Dalam silsilah ini juga dicantumkan nama R. Saridho atau R. Merthojoyo atau Datuk Danajaya yang bertempat tinggal di Karimunjawa dan makamnya pun ada di wilayah tersebut. Beliau adalah paman Amir Hasan. Dan konon menurut cerita penduduk setempat, Datuk Danajaya datang lebih dahulu dari pada Amir Hasan. Beliau adalah salah satu Panglima peran Kerajaan Demak Bintara yang ditugaskan di Karimunjawa untuk mengintai, menyelidiki dan menangkal masuknya Portugis ke tanah Jawa. Pada waktu itu antara Demak dan Portugis sangat bermusuhan terutama setelah jatuhnya Kerajaan Malaka ke tangan Portugis. Bahkan Kerajaan Demak sendiri pernah dua kali menyerbu Malaka. Pertama dipimpin oleh putra mahkota Pati Unus dan kedua dipimpin oleh Ratu Kalinyamat, meskipun pada akhirnya mengalami kegagalan.

b. Versi kedua berpendapat bahwa Amir Hasan adalah putra Sunan Kudus yang diambil anak oleh Sunan Muria. Pendapat ini diperkuat dengan silsilah berikut :

c. Versi Ketiga berbendapat bahwa Amir Hasan adalah putra dari H. Umar Said (Sunan Muria). Berikut silsilahnya:

Demikianlah tiga versi mengenai asal-usul dan silsilah Sunan Amir Hasan. Meskipun antara ketiga versi tersebut berbeda satu sama lain, namun yang jelas dapat diambil kesimpulan bahwa Amir Hasan punya Hubungan yang demikian erat dengan Sunan Muria, sehingga dalam legenda tanah Karimunjawa pun keduanya menjadi tokoh sentral.